Disney Feature

EASTER EGG WANDAVISION: HAL-HAL YANG TERLEWAT DI EPISODE 5

Seperti biasa, banyak yang bisa dibahas di episode kelima WandaVision. Ada berapa banyak referensi serta easter eggs yang kalian bisa temukan?

Sitkom 80-an.
Kali ini WandaVision mengambil referensi dari tahun 80-an, seperti sitkom Growing Pains, Family Ties, dan Full House

Beberapa Hal tentang Wanda…

  • Confirmed, di MCU tidak dikenal Scarlet Witch. Fakta ini diketahui lewat percakapan antara Tyler dan Jimmy di salah satu scene.
  • Wanda Maximoff lahir tahun 1989, sama dengan tahun kelahiran sang aktris, Elizabeth Olsen.
  • Untuk pertama kalinya nama orang tua Wanda disebutkan: Irina dan Oleg Maximoff
  • Aksen Sokovian kembali! Terdengar saat Wanda mendatangi SWORD di dunia nyata

Sparky
Di komik, Sparky adalah nama anjing synthezoid kreasi Vision.

Pencurian Jasad Vision = Deleted Scene Avengers Endgame?
Akhirnya kita tahu jasad Vision selama ini tersimpan di situs rahasia milik SWORD dengan kondisi yang mengenaskan. Sekaligus mengkonfirmasi kalau Vision di WestView bukanlah khayalan belaka?

Anyway, footage CCTV yang memperlihatkan Wanda merangsek masuk ke markas SWORD untuk mengambil jasad Vision adalah deleted scene dari Avengers Endgame. Kevin Feige merasa kalau scene tersebut tak cocok dengan mood film Endgame.

Commodore 64
Nama kantor tempat Vision bekerja adalah Computational Services Inc. Terlibat dalam pengembangan komputer Commodore 64, bisa dibilang salah satu personal computer gaming pertama yang memiliki performa lebih baik dari game console di jaman itu.

Lagos
Iklan episode ini menunjukkan produk tisu bermerk Lagos. Jelas merupakan callback untuk event Captain America: Civil War, dimana Wanda mencoba menyelamatkan nyawa Captain America tapi tak sengaja membuat kedutaan Wakanda di Lagos (Nigeria) meledak dan menyebabkan korban jiwa.

Siapakah sang ‘aerospace engineer’?
Di tengah-tengah episode, Monica Rambeau menyebut kalau dia kenal dengan salah satu aerospace engineer yang dapat membantu permasalahan Maximoff Anomaly. Siapa yang dimaksud? Beberapa teori menyebut War Machine. Beberapa lainnya menduga kalau Reed Richards alias anggota dari Fantastic Four adalah sosok tersebut.

Pietro Maximoff
Peter Maximoff yang muncul di depan pintu diperankan oleh aktor Evan Peters. Diperkenalkan pertama kali dalam film X-Men: Days of Future Past (2014), hingga kemunculan terakhir di film X-Men: Dark Phoenix (2019).

Pietro/Peter Maximoff adalah Quicksilver, saudara kembar dari Wanda. Di Avengers: Age of Ultron, karakter Quicksilver diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson dan sayangnya tak berlanjut ke film-film berikutnya karena diceritakan terbunuh oleh Ultron. Quicksilver versi MCU menggunakan nama Pietro Maximoff.

Di  versi komik, si kembar ini adalah anak dari Magneto yang erat kaitannya dengan X-Men. Mereka sempat menjadi anggota Brotherhood of Evil Mutants, namun akhirnya memilih bergabung dengan Avengers.

Kalau di dunia komik, crossover antara X-Men dan Avengers umum terjadi. Beda kasus kalau kita bicara dunia film karena lisensi keduanya dipegang oleh studio yang berbeda; Fox dan Disney. Namun semua berubah ketika Disney mengakuisisi Fox pada 2019 silam. Artinya semua karakter Marvel yang dimiliki Fox kini bebas digunakan Disney. Dan ini pertama kalinya kita melihat impact dari akuisisi tersebut.

One thought on “EASTER EGG WANDAVISION: HAL-HAL YANG TERLEWAT DI EPISODE 5

Tinggalkan Balasan