Hulu Overview

No Man’s Land: Misi Pencarian Korban Bom Bunuh Diri

Kalau di dunia video game ada judul No Man’s Sky, di dunia serial kita punya No Man’s Land. Apa hubungan antara keduanya? Nggak ada sama sekali sih. Biar agak panjang aja artikelnya. Hahaha…

Kali ini Geek Nonton akan mengulas sebuah serial yang ditayangkan oleh Hulu. Dengan genre peperangan, No Man’s Land akan memberikan kepada kalian sebuah perjalanan yang memilukan dalam medan perang.

Kita coba mengingat lagi kejadian peperangan yang terjadi beberapa tahun belakangan. Kalian pasti ingat krisis Timur Tengah yang terjadi. Peperangan yang terjadi di Irak dan akhirnya berkepanjangan di Suriah disebabkan oleh sekelompok bersenjata yang menamakan dirinya ISIS.

Peperangan inilah yang memberikan sebuah inspirasi kepada Ron Leshem dan Amit Cohen untuk fondasi cerita serial yang dibuatnya: No Man’s Land

Behind The Scenes

Siapa sih Ron Leshem? Dia adalah seorang penulis dan produser muda yang berbekat. Di usianya yang masih 44 tahun, dia sudah memproduseri 7 buah judul film/seri dimana 2 diantaranya masuk menjadi nominasi Academy Award.

Sebagai pemeran utama, ditunjuklah seorang aktor berkebangsaan Perancis yaitu Felix Moati. Ada yang menarik dari lolosnya Moati saat casting. Dengan alur cerita yang dimiliki oleh serial ini, Moati dipilih karena dengan sedikit sentuhan make-up dia terlihat seperti salah satu dari kelompok ISIS.

Tidak banyak yang perlu mimin ulas untuk orang-orang di belakang layar serial ini. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena serial ini diproduksi dari Perancis, jadi tidak banyak nama-nama yang cukup familiar. 

Kalau begitu satu-satunya harapan yang bisa membuat kita kecantol adalah jalan ceritanya saja nih.

The Plot

Seorang Antoine Harbert, pria berkebangsaan Perancis melakukan sebuah perjalanan untuk mencari adik perempuannya Anna. 

Saudarinya dikabarkan tewas saat terjadi sebuah serangan di Mesir 2011 (tiga tahun sebelum dimulainya alur serial ini). Namun Antoine meyakini bahwa adiknya itu tidak meninggal karena dia melihat adiknya muncul di latar belakang sebuah tayangana berita.

Dengan keyakinannya itu, Antoine nekat melakukan perjalanan untuk masuk di zona merah perang saudara. Tujuan utamanya adalah mencari adiknya di sebuah kelompok yang menamakan dirinya YPJ. Sebuah kelompok yang melakukan perlawanan kepada ISIS dengan anggota semuanya adalah wanita.

Usaha yang dilakukannya pun tidaklah mudah. Untuk masuk ke Syria, dia harus melalui Turki melalui bantuan orang setempat. Apa yang terjadi kemudian diluar dari dugaan Antoine. Dia diserahkan kepada kelompok ISIS sebagai tawanan.

Beruntung untuk Antoine, saat dia akan dibawa oleh ISIS, mereka diserang oleh YPJ. Apa yang dia kira sebagai tujuannya ternyata sedikit diluar ekspektasinya. Kelompok YPJ mengira bahwa Antoine adalah salah satu dari anggota ISIS.

Our Opinion

Sebuah penampilan yang cukup menghibur dari Felix Moati. Tidak hanya dia saja sih, ada James Krishna-Floyd, Melanie Thierry dan beberapa aktor yang sering muncul memberikan penampilan yang luwes dalam serial peperangan ini. 

Orang-orang di belakang panggung memang tidak begitu kita kenal, tapi hasil kerja keras mereka membuat kita dapat menikmati dengan sentuhan ketegangan peperangan yang dapat kita rasakan.Terlihat nyata.

Minimnya bintang kelas atas di serial ini memang menjadi kekurangan tersendiri. Tapiii, aktor-aktor di No Man’s Land melakukan tugasnya dengan baik sehingga kita bisa merasakan horor di tengah medan perang. Good job!

Sang sutradara Oded Ruskin dan yang menangani sinematografi Stephane Vallee patut diacungi jempol. Dengan sentuhan kedua orang ini, kita bisa merasakan bahwa cerita No Man’s Land terlihat sinematik.

Overall, perang di Suriah bukanlah sebuah peristiwa yang mudah untuk semua orang di dalamnya. Itu juga tidak mudah untuk digambarkan sebagai sebuah serial untuk ditonton. Namun dengan 8 episode yang dimiliki, sepertinya cukup memberikan pesan kepada para penonton akan apa yang terjadi di daerah konflik itu.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Thriller, War
CreatorRon Leshem, Amit Cohen
Tanggal Tayang 18 November 2020
PemainJames Krishna-Floyd Julia Faure Felix Moati
Rating7.6 IMDB 50% Rotten Tomatoes 3/5 Common Sense Media

Tinggalkan Balasan