Netflix Overview

Katla: Serial Misteri dari Islandia, Recommended!

Hah, judul macam apa ini kok asing banget…

Well, mungkin itu yang ada di pikiran kalian saat mendengar judul serial ‘Katla’. Memang sepertinya bukan bahasa yang kita kenal sehari-hari ya.

Usut punya usut, Katla sendiri diambil dari nama sebuah gunung yang berada di Islandia sana. Pantes kok terdengar asing. Jadi di serial ini pengambilan gambarnya di Islandia sana. Wah, bakalan bisa lihat pemandangan bagus-bagus nih.

Next, walaupun dengan genre sains fiksi, namun selama kita nonton disini, jalan cerita yang disajikan lebih banyak di area abu-abu antara sains atau fiksi.

Langsung saja kita bahas lebih lanjut.

Behind The Scenes

Serial yang juga memiliki unsur misteri ini merupakan sebuah karya dari seorang Baltasar Kormákur. 

Siapakah dia? Sebenarnya Baltasar adalah seorang yang terkenal di Islandia sana. Beliau memiliki banyak kemampuan mulai dari menjadi aktor, produser, sutradara hingga penulis naskah. Dari sebuah film 101 Reykjavik menghantarkan dia memperoleh banyak penghargaan di dunia perfilman internasional.

Seorang bintang dalam hal tarik suara menjadi pemeran utama dalam serial ini, dia adalah Gudrun Eyfjord, a.k.a. GDRN. Debut pertama Gudrun di dunia tarik suara pada tahun 2017, dan dengan cepat karirnya menanjak dan memenangkan penghargaan bergengsi untuk penyanyi di negaranya. Kini dia mulai merambah dunia akting dan Katla menjadi debut bagi dirinya.

Sepertinya banyak bintang muda yang di tampilkan oleh Katla disini. Selain Gudrun ada lagi Iris Tanja Flygenring yang baru mulai masuk dunia adu peran di Islandia. 

Ada satu nama yang bisa dibilang seorang aktor kawakan di negara yang begitu indah ini, dia adalah Ingvar Eggert Sigurdsson. Aktor yang sudah berumur setengah abad lebih ini sudah menjalani seni peran hampir 30 tahun. 

The Plot

Di negara Islandia, begitu banyak gunung berapi yang aktif, salah satunya adalah gunung Katla. Di dekat gunung itu ada sebuah pemukiman bernama Vik.

Gunung berapi itu sudah setahunan mengalami erupsi dan mengeluarkan abu yang begitu tebal, tetapi para penduduk kota Vik tetap tidak mau untuk meninggalkan kota tercinta.

Sebelum erupsi gunung Katla terjadi, suasana kota Vik tampak begitu normal dan tidak ada hal yang aneh terjadi. Namun setelah erupsi terjadi, mulai muncul sebuah hal yang misterius.

Pegawai di posko pemantauan gunung Katla menemukan seorang wanita yang seluruh badannya tertutup oleh abu vulkanik. Badannya mengalami hipotermia. 

Wanita ini akhirnya dibawa ke rumah sakit di kota Vik. Setelah dia dirawat dan dibersihkan dari abu vulkanik, barulah diketahui bahwa wanita ini adalah Gunhild. Dia diketahui pernah berkunjung ke sebuah gletser bersama seorang penduduk kota pada tahun 2001 silam.

Anehnya, wanita ini tampak tidak mengalami penuaan sedikitpun. Dan yang membuat lebih tercengang lagi adalah Gunhild yang ditemukan ini ternyata versi mudanya dari seorang Gunhild dari penduduk Vik.

Munculnya orang-orang yang dulu “hilang” ini menjadi sebuah misteri tersendiri bagi para penduduk kota Vik. 

Apa yang sebenarnya terjadi dengan fenomena erupsi gunung Katla ini?

Our Opinion

Satu kata, “Waow!”

Siapa sangka sebuah negara kecil di dekat Kutub Utara ini menghasilkan sebuah serial yang bisa menarik minat untuk menonton sampai habis.

Patut diacungi jempol dan diapresiasi deh sang kreator Baltasar Kormakur ini. Memang tidak dapat dipungkiri, ide ceritanya yang menggabungkan antara sains, fiksi dan misteri ini tampak begitu smooth tercampur.

Ketiga hal ini dicampur dan disajikan dengan porsi yang pas, sehingga kita yang nonton akan terbawa suasana. Bahkan sampai ada momen yang membuat kita ngga sadar bahwa scene yang sedang ditonton merupakan scenes fiksi.

Katla sendiri tidak memiliki sebuah karakter yang menjadi sorotan utamanya. Dari sini membuat serial ini terasa tidak monoton dan banyak karakter yang bisa berkembang. Hal ini yang menjadi keunikan dari serial ini.

Keunikan itu ternyata sejalan dengan masalah utama dari serial ini, misteri kemunculan orang-orang dari abu vulkanik gunung Katla.

Cerita misteri yang disajikan bisa membawa kita seolah-olah tau apa yang terjadi, tetapi setelah berjalan ceritanya dan berganti episode, kita akan terbelalak dengan apa yang jadi lanjutan ceritanya.

Bisa dibilang sang pembuat cerita seperti menarik ulur untuk memecahkan misteri yang terjadi. Good job for Baltasar Kormakur.

Dari total 8 episode yang dimiliki, dua episode terakhir akan menyajikan sebuah kejutan dari misteri yang terjadi selama ini.

Sebuah serial dengan misteri yang penuh dengan lika-liku yang tak terduga. It’s worth watching.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Mystery, Sci-Fi
CreatorBaltasar Kormakur
Tanggal tayang17 Juni 2021
PemainGudrun Eyfjord
Iris Tanja Flygenring
Ingvar Sigurdsson
Rating7.1 IMDB
100% Rotten Tomatoes
87% Google users

Tinggalkan Balasan