Apple TV Overview

Lisey’s Story: Dari Novel Best-Seller Stephen King

Giliran serial dari Apple TV+ yang akan kita bahas sekarang. Kalau menyebut nama Stephen King, pastinya sudah akrab dong di telinga para pembaca Geek Nonton sekalian. Apa? Belum?

Okay… Okay…

Jadi Stephen King ini adalah “bapaknya” novel-novel misteri yang karyanya sudah banyak diadaptasi ke media audio visual. Contohnya, film IT, Carrie, The Dark Tower, The Mist, dan Pet Sematary. Kalau dari jajaran tv series, ada 11.22.63, The Outsider, The Stand, The Shining, dan masih banyak lagi. 

Memang tidak semuanya mendapat review yang bagus, tapi setidaknya Stephen King sudah berjasa besar untuk dunia pop culture modern.

Behind The Scenes

Dari sedikit bocoran tentang Stephen King tadi, udah kebayang serial Lisey’s Story memiliki genre apa kan ya? Bukan tentang cerita orang mancing dong. Pastinya serial yang akan kita bahas ini masih dalam lingkup cerita horor dan misteri. 

Apa yang membedakan serial satu ini dengan serial lain yang ada nama King dibelakangnya? Selain ide cerita yang diangkat dari novelnya, disini Stephen King sendiri yang menangani langsung naskah cerita untuk 8 episodenya. Hmm, terlihat menjanjikan nih memang serial.

Apple TV sepertinya tidak mau tanggung-tanggung untuk menggarap serial ini. Selain menggaet langsung sang raja horror, serial ini pun menggaet artis kawakan yang sering muncul di ratusan judul, Julianne Moore.

Moore sudah bukan nama baru untuk dunia perfilman, namanya sudah sering masuk dalam nominasi Oscar, dan beliau memenangkan Oscar melalui film Still Alice pada tahun 2014.

Seorang aktor ganteng yang masuk nominasi Oscar yang akan membintangi serial ini adalah Clive Owen (Closer, 2014). Jadi serial ini sudah memiliki 3 kartu as nih, ide cerita, penulis naskah dan pemainnya ciamik

Satu orang lagi yang ngga boleh ketinggalan, Sung “Han” Kang. Yaap, aktor ganteng satu yang memerankan Han di franchise-nya Fast Furious ikutan main disini. Wah bakalan seru abis nih serial.

The Plot

Kisah serial ini berpusat pada kehidupan seorang wanita bernama Lisey.

Lisey memiliki seorang suami bernama Scott Landon. Scott sendiri adalah seorang novelis yang memiliki nama besar. Di awal cerita sudah disajikan bahwa Lisey masih berkabung atas kematian suaminya dua tahun yang lalu.

Karya tulis Scott masih banyak yang dalam bentuk naskah dan belum dipublikasikan. Hal ini diketahui oleh Profesor Dashmiel. Dashmiel ingin mendapatkan akses atas tulisan ini dan mengganggu kehidupan Lisey. Dalam upayanya itu dia mendapatkan bantuan dari penggemar fanatiknya Scott, Jim Dooley. Mereka menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan naskah yang belum terpublikasi itu.

Selain menghadapi masalah itu, Lisey pun harus menjaga dan merawat kakak perempuannya yang menderita gangguan jiwa, Amanda. Karena penyakit mentalnya ini, dia sering melakukan tindakan yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

Dalam menghadapi semuanya itu, Lisey sendiri mendapati dirinya dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Entah dalam halusinasinya dia sendiri atau kenyataan yang dia rasakan, dia menemukan tulisan-tulisan kecil dari Scott yang berada di rumahnya. Tulisan ini membantu Lisey dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya sekarang ini.

Dari tulisan inilah akan tersambung memori masa lalunya Lisey dan Scott. Kilas balik, impian dan mimpi buruk akan tersaji dalam cerita dari Lisey’s Story ini.

Misteri apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan Lisey setelah kematian Scott? Apakah dia dapat menemukan semua petunjuk dari mendiang suaminya?

Our Opinion

Serial yang diangkat dari novel Stephen King memang selalu berkesan dark dan penuh misteri. Tidak luput dengan serial yang sedang kita bahas ini.

Tapi ada satu hal yang entah kenapa selalu ada yang kurang jikalau novel milik King ini diangkat ke layar lebar atau serial. Jalan cerita ataupun ending-nya selalu membawa moment of wow para penonton jatuh dan berakhir pada kualitas mediocre.

Lisey’s Story pun tidak ketinggalan dalam hal ini. Ada hal yang kurang menggigit dalam suasana horor yang diceritakannya. Mungkin ini semua karena para penonton terbuai dengan ekspektasinya bahwa serial milik King akan lebih menegangkan daripada novelnya.

Diluar dari masalah cerita, serial ini memang memiliki sebuah persiapan yang baik. Dimulai dari sinematografi, pencahayaan hingga efek suara yang ada dibuat sedemikian rupa untuk mendukung suasana tegang dan penuh misteri.

Penampilan para pemainnya sudah tidak perlu diragukan lagi. They are good at their job.

Overall, buat kalian yang suka film horor, serial satu ini memiliki warna sendiri dalam menyajikan horor sebagai tontonan. Tapi buat kalian yang tidak suka horor, it’s a nice story if you want to watch horror series.

Happy streaming guys!!!

GenreDrama, Horror, Mystery
CreatorStephen King
Tanggal tayang 4 Juni 2021
PemainJulianne Moore
Clive Owen
Jennifer Jason Leigh
Rating5.9 IMDB
54% Rotten Tomatoes
65% Google Users

Tinggalkan Balasan