Feature

Yuk, Kenali Istilah-Isilah Dalam Serial ‘Westworld’

Westworld, sebuah serial terbaru dari HBO memakai pendekatan yang sama dengan Game Of Thrones (GOT); serial tersebut menciptakan dunia sendiri lengkap dengan bahasa sendiri. Istilah-istilah yang digunakan pun tak umum digunakan di dalam dunia nyata. Misalnya saja di GOT ada istilah khaleesi, warging, maester, dan masih banyak lagi. Meski belum sekompleks GOT, Westworld sudah cukup membuat para penontonnya untuk mengerutkan dahi dengan istilah-istilah yang digunakan. Kita rekap satu per satu, yuk!

Host
Robot android yang menyerupai manusia. “Penduduk” asli Westworld. Sangat sulit membedakan dengan manusia asli, kecuali kalau mereka mengalami glitch atau crash. Secara berkala mereka mendapat perawatan dan upgrade.

Guest
Istilah untuk menyebut pengunjung Westworld. Terdiri dari orang-orang bergelimang harta. Mengapa? Karena satu hari di Westworld, pengunjung butuh merogoh kocek sebesar $40.000! Taruhlah $1=Rp13.000, jadi total biaya sehari di Westworld adalah 520 juta rupiah.

Newcomer
Istilah yang digunakan para host untuk menyebut guest yang datang ke Westworld.

Delos
Nama perusahaan yang menaungi Westworld.

Core Code
Kode pemrograman inti yang ditanam ke setiap host. Core Code membuat para host tak bisa menyakiti makhluk hidup seperti guest, dan… lalat.

Sweetwater
Kota pusat di Westworld. Setiap pengunjung akan tiba dan turun dari kereta di kota ini.

Script
Naskah cerita yang ditulis untuk setiap individu host. Para host akan menjalani aktifitas dan mengucapkan dialog sesuai script, namun mereka dapat berimprovisasi sedikit. Setiap host diberi motivasi yang berbeda-beda oleh programmer.

Loops
Pengulangan kejadian dari script. Biasanya terjadi di hari berikutnya.

Storyline
Cerita interaktif yang saling terkoneksi. Dapat ditemukan di seluruh penjuru Westworld. Jumlah dan jenisnya banyak sekali, tergantung host yang terlibat. Contohnya, storyline tentang perburuan bandit atau perampokan bank. Guest dapat ikut serta dan mengubah jalan ceritanya.

Reveries
Sebuah upgrade berupa program yang diberikan oleh Dr. Ford yang memungkinkan para host memiliki gesture lebih alami seperti manusia yang di-trigger atau dipicu oleh memori tertentu. Di episode perdana ada indikasi jika reveries akan menjadi cikal bakal malfungsi yang terjadi di Westworld.

Dreams
Peristiwa saat staf Westworld mewawancarai host untuk melakukan diagnosis. Para host akan mempercayai jika mereka sedang bermimpi..

*Seiring waktu dan episode berjalan, akan ada update mengenai istilah baru yang digunakan dalam Westworld. Silahkan jika ingin menambahkan via kolom komentar di bawah.

One thought on “Yuk, Kenali Istilah-Isilah Dalam Serial ‘Westworld’

Tinggalkan Balasan