Disney Feature

Easter Egg WandaVision: HAL-HAL YANG TERLEWAT DI EPISODE 3 & 4

KONTEN MENGANDUNG SPOILER EPISODE 3 & 4!

Sudah baca ulasan WandaVision episode 3 dan episode 4 di GeekNonton? Well, saatnya membahas easter eggs!

EPISODE 3

The Brady Brunch
Episode 3 sangat kental dengan referensi sitkom klasik The Brady Brunch, termasuk opening yang mengadopsi format grid 3 x 3 serta tema keluarga yang diusung.

Anak Kembar Scarlet Witch
Wanda akhirnya melahirkan. Fans komik Marvel mungkin sudah menduga kalau Wanda akan melahirkan anak kembar. Tapi untuk kita penonton casual, nyaris tidak menyangka hal ini. Lahirnya anak kembar ini sekaligus menyelesaikan masalah tentang nama Billy atau Tommy yang hampir di sepanjang episode diperdebatkan oleh Wanda dan Vision.

Lebih lanjut lagi, selain peristiwa kehamilan Wanda aka Scarlet Witch yang mirip di komiknya, nama Billy dan Tommy ini sebenarnya sebuah referensi penting komik Marvel.

Di komik, keinginan Wanda untuk mempunyai anak berujung pada beberapa kejadian dramatis sekaligus tragis. Fakta jika Vision adalah seorang android jelas tidak memungkinkan ia bisa membuahi Wanda. Alhasil, anak kembar Wanda adalah fragmen dari demon Mephisto.

Billy dan Tommy di komik Vision and Scarlet Witch pertama kali lahir tahun 1985. Mereka lalu muncul kembali sebagai anggota Young Avengers pertama. Fans lebih mengenalnya sebagai Wiccan dan Speed.

Referensi ke film Age of Ultron
Percakapan Wanda dan Geraldine memunculkan satu nama penting: Ultron. Sosok ini adalah main villain di film Avengers Age of Ultron, sekaligus kemunculan pertama Wanda Maximoff dan saudara kembarnya, Pietro Maximoff aka Quicksilver. Sayang Pietro akhirnya tewas di tangan Ultron.

Episode 4

The Blip
Pertama kalinya kita melihat proses seseorang kembali dari peristiwa jentikan jari Thanos secara mendetail. Istilah The Blip digunakan sejak film Spider-Man: Far From Home.

Oh iya, di episode 4 kita tahu kalau Monica kena dampak, sedangkan sang ibu, Maria Rambeau tidak. Namun tragisnya Maria meninggal karena kanker dalam kurun waktu Monica menghilang.

Koneksi Captain Marvel

Saat proses Monica kembali ke dunia, terdengar suara Carol Danvers aka Captain Marvel memanggil Monica dengan nickname Lt. Trouble. Sebuah pengingat kalau keduanya pernah menghabiskan waktu bersama di film tersebut.

Timeline WandaVision
Akhirnya dipastikan event WandaVision terjadi tiga minggu setelah Thanos dikalahkan. Bisa menjelaskan kenapa Wanda masih sangat terpukul dengan kematian Vision yang terjadi lima tahun sebelumnya.

Hayward Bersaudara?
Di serial Agent of SHIELD, ada karakter Brian Hayward yang merupakan anggota Hydra. Brian adalah bagian dari Centipede Project (proyek super-soldier dari Hydra). Nah di episode ini, kita kedatangan karakter baru yaitu Director Tyler Hayward. Kebetulan? Hmmm…

Maria “Photon” Rambeau
Di versi komik, Photon memang digunakan oleh Maria sebagai nama alias superhero-nya.

Lokasi WestView
Kita mengetahui kalau WestView berlokasi di New Jersey. Di komik, Wanda dan Vision mencoba menjadi pasangan normal dan pindah ke Leonia yang berlokasi di New Jersey.

Trik Kartu Jimmy Woo
Saat Jimmy Woo mengeluarkan kartu pengenal di depan Monica di awal pertemuan mereka, ia melakukan sedikit trik sulap. Hal ini referensi dari film Ant-Man and the Wasp, dimana Scott Lang melakukan trik yang sama dan Jimmy pengen banget diajarin! Akhirnya bisa ya, Hahaha…

Slogan WestView
Di baliho Westview tertulis slogan “Home: It’s where you make it”. Sama seperti opening sebelumnya.

Warna Drone SWORD
Mirip dengan komposisi warna kostum Captain Marvel. Biru navy, merah, dan kuning.

Darcy Lewis
Karakter dari film Thor. Kalau tidak salah Darcy terakhir terlihat di Thor: The Dark World. Dia adalah karyawan magang untuk Erik Selvig dan asisten Jane Foster. Sekarang sepertinya dia sudah independen. Masih seperti karakter Darcy yang dikenal fans, pembawaan dia lucu, cerdas, dan kadang lidahnya tajam. Kini dia menyandang gelar Doktor.

Darcy mengamati Westview
Jelas sudah scene yang memperlihatkan deretan monitor layar datar dengan TV jadul di tengah pada akhir episode 1. Itulah meja kerja dari Darcy.

Heksagon
Saat meneliti Westview, SWORD menyadari kalau bentuknya seperti heksagon. Bentuk ini berkali-kali kita lihat, utamanya di opening episode satu dan dua.

Agnes tidak punya tanda pengenal
Ketika anggota SWORD mencoba mengidentifikasi karakter pendukung di sitkom bikinan Wanda, hanya Agnes yang tidak punya tanda pengenal. Rumornya, Agnes adalah Agatha Harkness. Di komik, Agatha adalah penyihir kuat yang kadang membantu para superhero.

Agatha sempat membantu Scarlet Witch dalam menggunakan ilmu sihir. Namun ada satu titik dimana hubungan Agatha dan Scarlet Witch memburuk saat kepribadian Wanda menjadi kurang stabil. Puncaknya, Wanda membunuh Agatha.

Clue lain yang mendukung rumor ini adalah, di salah satu trailer menunjukkan kostum Halloween yang dipakai para karakter. Wanda dan Vision memakai kostum yang mirip versi komik. Lalu Agnes terlihat memakai kostum hitam dan topi ala penyihir. Hmmm…

Itulah beberapa easter eggs yang dapat kami temukan. Bisakah kalian menambahkan apa yang terlewat oleh Geek Nonton? Tambahkan di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan