Disney Feature

Easter Egg WandaVision: Hal-hal Yang Terlewat di Episode 1 & 2

KONTEN MENGANDUNG SPOILER EPISODE 1 & 2!

Sudah nonton  dan baca ulasan WandaVision di GeekNonton? Seperti kebanyakan (mungkin semua) film Marvel, selalu ada easter eggs yang menanti untuk ditemukan. Sudah jadi tradisi untuk para fans menemukan dan menerka clue yang disebar Marvel Studios di setiap filmnya. Tak terkecuali WandaVision ini.

Hayoo, berapa banyak yang bisa kalian temukan?

S.W.O.R.D.
Di beberapa kesempatan kita melihat logo pedang dengan lingkaran disekelilingnya. Bahkan di akhir episode pertama kita melihat sebuah ruang kontrol dengan penuh monitor dan ada logo yang sama terlihat.

Apakah itu? Sebelumnya, perlu diketahui kalau di komik Marvel, ada dua entitas: S.H.I.E.L.D. dan S.W.O.R.D.

Gambar: DisneyPlus/Marvel. (2021)

S.H.I.E.L.D. bisa dibilang adalah organisasi anti-teroris yang mencanangkan Avengers Initiative. Tugas S.H.I.E.L.D. adalah menghalau segala ancaman fisik seperti Hydra dan teroris super. Dijalankan oleh Nick Fury sampai sebuah grup Nazi bernama HYDRA menyusup sampai ke akar-akarnya. S.H.I.E.L.D. akhirnya dibubarkan.

BACA JUGA: Review WandaVision Episode 1 & 2

S.W.O.R.D. adalah agensi kontraterorisme & intelijen yang fokusnya menghadapi ancaman ekstraterestrial dan luar angkasa. Di komiknya, S.W.O.R.D. pertama kali muncul di komik Astonishing X-Men pada 2004 silam. Singkatan dari Sentient World Observation and Response Department. Misinya tak jauh-jauh mengurusi dunia alien, dimensi alternatif, dan keanehan lain yang mungkin terlalu intens untuk S.H.I.E.L.D.

Munculnya S.W.O.R.D. menjadi masuk akal jika kita menilik ke belakang. Nick Fury terlihat “bergaul” dengan para Skrulls sedang menyiapkan operasi inter-galaksi.

Di dua episode pertama, ada clue S.W.O.R.D. berusaha mendobrak masuk dunia yang dibuat oleh Wanda. Terlihat logo S.W.O.R.D. dari mainan helikopter berwarna merah yang ditemukan Wanda di halaman rumah, dan di bagian punggung orang berseragam putih layaknya peternak lebah. Beberapa kali terlihat S.W.O.R.D. seakan memonitor pergerakan Wanda di dunia sitkomnya.

Muncul pertanyaan, apakah WandaVision ini murni menceritakan tentang Wanda vs. S.W.O.R.D., atau justru agensi tersebut ingin membantu Wanda keluar dari ilusi dan ada musuh lain yang tak terlihat?

Pemanggang Roti dari Stark Industries.
Setiap episode WandaVision diselipi iklan yang misterius. Episode pertama, ada iklan tentang pemanggang roti “pintar” bikinan Stark Industries. Anehnya, kedipan merah terlihat begitu lama, nggak umum buat sebuah iklan. Sepertinya kedipan merah ini ada koneksi ke masa lalu Wanda.

Gambar: DisneyPlus/Marvel. (2021)

Ketika Wanda berumur 10 tahun, ia dan Pietro terjebak di reruntuhan tempat tinggalnya selama dua hari. Ketika mereka terjebak itulah satu-satunya hal yang terlihat adalah bom yang gagal meledak dengan tulisan “Stark”.

Wine merk House of M?
Di episode pertama, menit ke 17 sekian, terlihat Wanda menuangkan wine bermerk Maison du Mepris yang bisa ditranslasikan sebagai House of Contempt. Banyak fans yang menghubungkan hal ini dengan House of M. Bukan rahasia lagi jika WandaVision mengambil inspirasi dari storyline House of M di komik Marvel, dimana Wanda mengalami mental breakdown dan berusaha mengubah realitas sesuai keinginan dia.

Gambar: DisneyPlus/Marvel. (2021)

Tangal 23 Agustus.
Di episode pertama kita melihat Wanda dan Vision melihat kalender dengan tanda hati di tanggal 23 Agustus. Sepertinya merujuk pada edisi komik Avengers #238 dimana di episode tersebut dikisahkan Vision aktif kembali.

Gestur “Cilukba” Wanda
Di episode pertama, Wanda terlihat tanpa sengaja menutup kedua mata Mr. Hart dari belakang. Gestur yang sama dilakukan Wanda ketika mengontrol pikiran seseorang di film MCU. Coba lihat di film Age of Ultron. Oh iya di dekat scene ini kita juga dibawa untuk mengingat nama Sokovia—salah satu masa lalu Wanda.

Iklan Jam Strucker
Di episode kedua, iklan jam dengan logo Hydra terlihat. Strucker merujuk pada nama Baron Wolfgang von Strucker—pimpinan Hydra yang menyiksa Wanda dan Pietro dengan Mind Stone. Eksperimen ini pula yang menyebabkan Wanda dan Pietro mempunyai kekuatan super.

Monica Rambeau
Di episode kedua Wanda bertemu teman baru. Dialah aktris Teyonah Parris yang memerankan karakter Geraldine. Namun dari IMDB kita tahu kalau Teyonah sebenarnya memerankan karakter bernama Monica Rambeau.

Pengikut setia MCU pasti ingat nama ini. Pertama kali muncul di film Captain Marvel, Monica Rambeau kecil adalah anak dari teman baik Captain Marvel, Maria Rambeau. Kalau mengurutkan timeline-nya, cocok juga sih. Film Captain Marvel berlatar tahun 90an, sedangkan WandaVision berlatar tahun sekarang. Monica Rambeau ada di umur yang sesuai.

Gambar: DisneyPlus/Marvel. (2021)

Sebuah teori mengatakan jika bisa saja Monica Rambeau adalah agen dari S.W.O.R.D yang mencoba menolong Wanda. Akan sulit dicerna jika Rambeau ini ada di pihak yang jahat.

Pola di dasi Vision
Ketika Vision menggunakan setelan jas, pola di dasinya sangat eyecatching. Kemungkinan besar diambil dari komik The Vision yang ditulis oleh Tom King dan artist Gabriel Hernandez Walta. Di komik tersebut Vision menggunakan penjepit dasi yang bermotif mirip.

Glamor dan Illusion
Di episode kedua, Wanda dan Vision menyuguhkan pertunjukan sulap. Mereka memperkenalkan diri dengan nama Glamor dan Illusion. Pertama kali muncul di komik Vision and the Scarlet Witch Vol 2 #4 di tahun 1986, pesulap Glynis dan Ilya Zarkov menggunakan nama panggung serupa. Mereka juga punya sejarah dengan Wanda dan Vision.

Referensi Sitkom Jadul
WandaVision mengambil beberapa inspirasi dari sitkom yang pernah mengudara tahun 1950-1960an. Misalnya saja desain dapur yang mirip dengan sitkom The Dick Van Dyke Show (1961-1966), opening theme untuk episode pilot mirim dengan sitkom The Donna Reed Show (1958-1966).

Di episode kedua, theme song dan plotnya mirip Bewitched, sitkom klasik juga yang mengudara tahun 1964-1972.


Syuting dilakukan di depan Penonton asli
Poin terakhir memang bukan easter-egg sih, lebih ke arah fun-fact. Di sebuah featurette di balik layar, terkuak jika episode awal WandaVision benar-benar diambil di depan penonton layaknya sitkom asli. Wah, totalitas sekali!

Itulah beberapa hal menarik yang bisa dikulik dari WandaVision di episode 1 & 2. Ada yang terlewat oleh kami? Tambahkan di komen ya!

4 thoughts on “Easter Egg WandaVision: Hal-hal Yang Terlewat di Episode 1 & 2

Tinggalkan Balasan