Review The Walking Dead

[REVIEW] THE WALKING DEAD SEASON 7 Episode 1 (FULL SPOILER)

SPOILER ALERT! Harap menonton episode “Season 7 Episode 1: The Day Will Come When You Won’t Be” sebelum lanjut membaca ulasan di bawah ini

Finally setelah kurang lebih setengah tahun menunggu jawaban siapakah yang akan dibunuh oleh Negan, terjawab sudah di episode dengan judul The Day Will Come When You Won’t Be. Jujur saja saya menontonnya sambil deg-degan karena, well, kita sama-sama tahu jika kehadiran Negan berarti kematian salah satu anggota penting kelompok Rick. So, apakah derita menunggu selama berbulan-bulan bisa terbayar di episode ini?

Penggemar serial TWD begitu marah ketika ending season 6 tidak langsung memberi jawaban siapa korban Negan. Investasi yang dibuat selama satu season diganjar oleh episode dengan ending sangat menggantung. TWD seakan bermain-main dengan emosi penonton menggunakan cara kacangan. Berbulan-bulan para penonton mencoba mencari jawabannya. Namun pihak kreatif dengan licik menggunakan trik agar korban Negan tidak bocor ke permukaan sebelum premiere season 7. Yang tersisa adalah teori, dan teori belaka. Episode ini seperti ajang pembuktian tim kreatif TWD. Apakah bisa mengantarkan adegan monumental dengan baik atau justru flop. Well, bisa dilihat dari kedua sisi.

Seperti yang sudah dijanjikan, penonton akan mendapatkan jawaban di episode ini. Tapi ternyata kita masih harus menunggu sampai menit ke-15 untuk masuk ke inti cerita. TWD memutuskan menggunakan sistem flashback untuk memperlihatkan korban Negan dari sudut pandang Rick.

Di awal episode kita seperti dibangunkan kembali untuk mengingat peristiwa episode terakhir di season lalu. Negan membawa Rick untuk “berjalan-jalan” menggunakan RV untuk memberi pelajaran lanjutan setelah membabat anggota Rick. Caranya? Mereka berhenti di sebuah jalan, lalu Rick dilempar keluar untuk disuruh mencari kapak kecil oleh Negan. Dari peristiwa itu Rick mengingat peristiwa traumatis yang baru saja terjadi: dua anggotanya dibunuh dengan keji. Satu per satu visual mengenai karakter-karakter utama diperlihatkan untuk menambah kesan dramatis sebelum sajian utama.

Kejutan yang benar-benar tidak disangka: ada dua korban Negan.

Korban pertama adalah Abraham. Yup, kata-kata Negan di ending season 6 “Taking it like a champ!” jadi make sense karena Abraham memang super kuat. Bahkan setelah kepalanya dihantam pemukul baseball bernama Lucille, ia masih bisa menantang Negan. Abraham seperti sudah menyiapkan kematiannya setelah di season lalu memutuskan hubungan dengan Rosita dan memberi pelajaran terakhir untuk Eugene.

negan

Disini sebagian penonton pasti lega karena TWD versi serial mengambil jalan yang berbeda dibanding versi komik. Namun kejutan sebenarnya baru akan dimulai. Setelah Daryl bangkit dan menonjok muka Negan, sang super-villain marah. Diam-diam Negan berjalan di depan seseorang sambil berceramah khas karakter jahat dan tanpa diduga… Bhammm!!

Kepala Glenn dihantam… Kita semua mengira korban Negan berhenti di Abraham. Ternyata TWD versi AMC mengambil alur yang sama seperti komiknya. Ya, komik TWD edisi ke-100 yang terbit tahun 2012 silam juga menempatkan Glenn di posisi amat menyedihkan. Kesimpulannya, scene ini merupakan perpaduan antara suprise tapi sekaligus penegasan atas prediksi yang beredar selama ini.

TWD pernah mempermainkan penonton dengan pura-pura mematikan Glenn di pertengahan season lalu. Disitu saya sempat mengira jika TWD tak akan menyentuh Glenn dalam waktu dekat. Tapi tim penulis TWD cukup gila, dan memutuskan untuk benar-benar mengakhiri Glenn. Kematian Glenn meninggalkan kesan tidak nyaman, sulit untuk dicerna, apalagi untuk ditonton.

Negan terlihat sangat menikmati suasana. Sesekali terlihat senyum dan tawa menyeringai yang menakutkan. Bahkan saya masih belum menerima kelakuan Negan sempat-sempatnya ceramah setelah melancarkan pukulan kepada Glenn, padahal Glenn belum mati. Ia sekarat dengan salah satu bola mata yang hampir keluar dan tempurung kepala yang sudah bengkok dibagian atas.

Satu kesamaan antara nasib Abraham dan Glenn—selain kematian—adalah bentuk kepala yang abstrak pasca dihantam Lucille. Sudah mirip seperti bubur lengkap dengan kuah darah segar dan otak berceceran. Secara visual sih, too much. Sangat berani. Namun toh TWD seperti ingin tampil total dalam mencabik-cabik hati penonton.

BACA JUGA: The Walking Dead: Siapa yang dibunuh Negan di Season 7?

Memang berhasil, mengingat Glenn adalah karakter teramat penting sejak episode Pilot. Karakternya berkembang dengan menarik. Dari seseorang yang penuh guyonan lucu, berubah menjadi tangan kanan Rick yang selalu bisa diandalkan. Kematiannya dengan cara yang sadis seperti ini sulit diterima, meskipun sudah bertebaran prediksi jika korban Negan adalah Glenn bila dilihat dari alur komiknya.

Scene sisa episode ini cuma jadi filler semata. Banyak adegan yang menyorot Negan menginjak-injak harga diri Rick Cukup aneh, karena seperti tidak ada hal lain yang bisa diceritakan. Memang di akhir episode tensi agak naik sedikit ketika Rick disuruh memotong tangan Carl atas perintah Negan. Namun ternyata hanya gertakan Negan agar Rick mau tunduk. Tapi dari situ kita tahu jika cara Negan bisa menguasai begitu banyak orang adalah dengan memberi mereka rasa takut yang teramat sangat.

neganvsrick

Tak bisa disangkal episode ini jadi panggung besar untuk Jeffrey Dean Morgan (Negan) dan Andrew Lincoln (Rick). Akting mereka simply amazing! Morgan sukses mendefinisikan Negan sebagai villain yang kejam tapi juga charming. Nah loh, bingung? Memang ada elemen yang sulit dideskripsikan dengan karakter Negan ini. Sebaliknya, Andrew Lincoln berhasil menunjukkan jika ia benar-benar hancur lebur. Hampir selama satu jam Andrew tampil dengan mata berkaca-kaca. Belum lagi ketika ia menangis sejadi-jadinya saat disuruh memotong tangan Carl. Hilang sudah harga diri Rick sebagai pemimpin yang berwibawa karena manusia iblis bernama Negan.

BACA JUGA: [REVIEW] THE WALKING DEAD Season 7 Episode 2: The Well

Melegakan namun menyakitkan. Ungkapan yang pantas untuk mendeskripsikan episode ini. Baru kali ini merasakan menonton TWD dan tegang di sepanjang episode. Utamanya karena sifat dan tindakan Negan yang tidak bisa ditebak. Teror psikologisnya keren banget. Dua korban sekaligus juga sangat mengejutkan, ditambah Negan masih menyandera Daryl di akhir episode. Grafis yang ditampilkan juga tidak main-main. Sadis total! Sayang TWD agak menyia-nyiakan durasi dengan adegan filler yang kurang sreg di hati.

OVERALL SCORE: 7.7

GeNocite:

  • Visual Glenn dengan bola mata yang nyaris copot sangat identik dengan penggambaran versi komik

  • Sebenarnya ada lebih dari satu kesempatan untuk Rick menyerang Negan saat di RV.

  • Secara sinematografi, fenomenal

  • Scene makan bersama di Alexandria, benar-benar menyentuh

Tinggalkan Balasan