Netflix Overview

Ragnarok: Mitologi Dan Perubahan Iklim

Ragnarok. Kata ini identik banget dengan dua hal. Yang pertama salah satu sekuel dari film Thor, dan yang kedua nama salah satu game MMORPG legendaris tahun 2004 lalu.

Apakah serial Ragnarok dari Netflix ada hubungannya dengan salah satu dari kedua hal tersebut? Let’s see together.

From the Norwegian mythology

Memang kosa kata ragnarok sendiri bagi orang awam. Setelah mencari tahu lebih lagi, ternyata ragnarok sendiri berasal dari legenda orang-orang Norwegia, dimana akan ada sebuah pertarungan terakhir antara dewa-dewa dan kekuatan iblis.

Hmmm…. Keliatannya dark banget ya klo dari arti katanya. Tenang, kali ini serial ini nggak seperti itu kok. Malah diawal diceritakan bagaimana ragnarok sebuah legenda yang intinya adalah akhir dari sebuah dunia dengan peristiwa alam yang berakhir pertarungan antara dewa-dewa dan para raksasa.

The Plot

Sebuah keluarga, ibu dan kedua anaknya, Magne dan Laurits pindah kesebuah kota fiktif di Norwegia, Edda. Di kota inilah kedua kakak beradik yang masih remaja ini bertumbuh. Magne adalah seorang yang tertutup dan menderita gangguan disleksia.

Saat sampai di kota Edda, Magne menolong seorang laki-laki tua. Karena kebaikan Magne inilah, seorang wanita tua yang misterius mendatanginya dan menyentuh kepalanya. Ternyata sentuhan ini membangkitkan kemampuan spesial di dalam diri Magne tanpa disadarinya.

Gambar: Ragnarok. Netflix

Di sekolah, Magne mulai menjalin persahabatan dengan teman-temannya termasuk seorang cewek, Isolde. Dia membuat video-video yang diunggah ke YouTube tentang perubahan iklim. Selain Isolde, ada Gry yang Magne sukai. Namun kejadian naas menimpa Isolde, yang membuat dirinya meninggal.

Di kota itu, ada sebuah keluarga yang sangat berpengaruh, Jutul. Mereka memiliki sebuah pabrik di kota itu, sang ibu adalah seorang kepala sekolah dan kedua anaknya adalah murid-murid favorit di sekolah. Mereka menyadari ada sesuatu yang aneh di dalam diri Magne dan mereka memperhatikannya.

Magne dan Gry mulai menyadari ada sesuatu yang tidak normal terhadap keluarga Jutul. Mulai dari foto-foto yang berumur ratusan tahun sampai karya-karya seni yang menunjukan bahwa keluarga Jutul tidak ada perubahan fisik sejak dulu kala.

Selain itu, kejadian meninggalnya Isolde pun menurut Magne adalah suatu hal yang tidak wajar. Magne melakukan sebuah investigasi, dan hasilnya mengarah ke keluarga Jutul.

Cli-fi or Climate Fiction

Biasanya sebuah tontonan yang membawa inti cerita dari sebuah legenda tentang akhir dunia, kurang menarik dan monoton. Tetapi disini, Adam Price selaku sang creator bisa mengemasnya dengan sudut pandang yang berbeda.

Cerita mitos bangsa viking terkait akhir dunia, lalu upaya penyelamatan dunia dari musuh-musuh yang kuat melalui tangan seorang remaja yang masih labil, bisa memberikan suatu warna baru dalam dunia perfilman. Seperti menggabungkan beberapa genre sekaligus. Bahkan mulai muncul istilah baru cli-fi alias Climate Fiction untuk mengkategorikan genre film atau serial yang berhubungan dengan peristiwa perubahan cuaca (biasanya sih film-film disaster). Contohnya? Waterworld, The Day After Tomorrow, Interstellar, V-Wars, dan masih banyak lagi.

Anyway, kembali ke Ragnarok.

Keluarga Jutul mengingatkan akan keluarga Cullen dari Twilight Saga. Sebuah keluarga yang berada, namun memiliki beberapa misteri terutama asal usulnya. Bagaimanakah aslinya keluarga Jutul ini? Apa hubungannya dengan Jotunn dalam mitologi Ragnarok?

Sementara sang aktor utama, Magne, mengingatkan akan sosok Peter Parker. Seorang remaja yang tidak populer di sekolahnya, tiba-tiba memiliki kemampuan yang melebihi manusia pada umumnya, serta memiliki hubungan asmara terhadap teman sekolahnya.

Secara keseluruhan, serial yang menggunakan bahasa Norwegia ini layak untuk ditonton karena memberikan warna berbeda untuk serial TV. Sajian kemegahan pegunungan khas Norwegia sangat memanjakan mata. Adem aja gitu nontonnya. Ditambah, sudah lama tidak ada serial yang menggabungkan mitologi dengan setting waktu modern. Terakhir seingat saya sih serial Grimm.

Ragnarok juga menambah koleksi serial-serial berbahasa asing (selain Bahasa Inggris) Di Netflix. Harapannya, bisa sesukses Dark yang asli dari Denmark atau 3% dari Brasil.

Alur cerita yang lambat disuatu titik terbayar dengan mulai cepat saat memasuki poin cerita utamanya. Kemisteriusan keluarga Jutul dan perjuangan Magne untuk merubah dirinya dari seorang murid yang culun menjadi seorang yang kuat, menjadi suatu pancingan terhadap kelanjutan setiap episode Ragnarok.

-OVERVIEW-

Genre Drama, Fantasy
Tanggal Tayang January 31, 2020
Jumlah Episode6 (Season 1)
Creator Adam Price
Pemain David Stakston
Jonas Strand Gravli
Herman Tommeraas
Rating 7.6 IMDB
60% Rotten Tomatoes
97% Google users

Tinggalkan Balasan